Kedaulatan Pangan Berbasis Agribisnis Kerakyatan

Lampung Agrobisnis : Kedaulatan Pangan Berbasis Agribisnis Kerakyatan : Dalam membangun kedaulatan pangan akan berbasis pada agribisnis kerakyatan. Setidaknya ada tiga hal yang dijadikan patokan,

Pertama, kebijakan pengendalian atas impor pangan dengan tetap berlandaskan atas kepentingan pangan nasional. Pengembangan ekspor pertanian akan berbasis pertanian dan industri dalam negeri.


Kedua, penanggulangan kemiskinan di sektor pertanian dan dukungan regenerasi petani. Hal itu dicapai dengan pencanangan Indonesia berdaulat benih hingga tahun 2019, peningkatan kemampuan petani, organisasi tani dan pola hubungan dengan pemerintah, terutama pelibatan aktif petani sebagai tulang punggung kedaulatan pangan.

Lalu pembangunan irigasi, bendungan, sarana jalan dan transportasi, serta pasar dan kelembagaan pasar secara merata.

cara lain untuk mencapai penanggulangan kemiskinan seperti peningkatan pembangunan dan aktivitas ekonomi perdesaan yang ditandai dengan peningkatan investasi dalam negeri. Bonus demografi tenaga kerja petani dan rakyat Indonesia yang bekerja di perdesaan harus dapat dimanfaatkan.

Ketiga, implementasi reformasi agraria melalui akses dan asset reform kepada petani melalui distribusi hak atas tanah petani melalui land reform dan progam kepemilikan lahan bagi petani dan buruh tani.

0 komentar: